Makanan Khas Bali

Makanan Khas Bali

1. Sate Lilit


 Sate Lilit adalah sebuah varian sate asal Bali. Sate ini terbuat dari daging babi, ikan, ayam, daging sapi, atau bahkan kura-kura yang dicincang, kemudian dicampur dengan parutan kelapa, santan, jeruk nipis, bawang merah, dan merica.





2. Sate Plecing Arjuna
 Sate Plecing memang beda dari sate lainnya. Jika biasanya sate dipadu dengan saus kacang atau kecap, Sate Plecing menggunakan sambal khas Bali. Sambal ini terbuat dari cabai yang diracik bersama bawang putih, kemiri, terasi kemudian disiram minyak dan jeruk limau.



3. Lawar
Lawar adalah masakan berupa campuran sayur-sayuran dan daging cincang yang dibumbui secara merata yang berasal dari Bali.  Lawar dibuat dari daging yang dicincang, sayuran, sejumlah bumbu-bumbu dan kelapa. Kadang-kadang di beberapa jenis lawar diberikan unsur yang dapat menambah rasa dari lawar itu yaitu darah dari daging itu sendiri.Darah tersebut dicampurkan dengan bumbu-bumbu tertentu sehingga menambah lezat lawar tersebut. setengah hari.

4.Ayam Betutu
Betutu adalah lauk yang terbuat dari ayam atau bebek yang utuh yang berisi bumbu, kemudian dipanggang dalam api sekam. Betutu ini telah dikenal di seluruh kabupaten di Bali. Salah satu produsen betutu adalah desa Melinggih, kecamatam payangan kabupaten Gianyar. Ayam betutu juga merupakan makanan khas Gilimanuk

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tugas Softskill Ilmu Budaya Dasar